Hadirkan Simokos Di Sekolah, Koramil 0815/14 Dlanggu Tingkatkan Motivasi Siswa-Siswi Gemar Membaca

Mojokerto.  –  Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial (SIMOKOS) Kodam V/Brawijaya, terus disosialisasikan dan dioperasionalkan di Ko...



Mojokerto. –  Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial (SIMOKOS) Kodam V/Brawijaya, terus disosialisasikan dan dioperasionalkan di Kodim Jajaran se-Jawa Timur, termasuk di wilayah   Kodim 0815 Mojokerto. Keberadaan Simokos di wilayah Kodim 0815 Mojokerto, saat ini dioperasionalkan di wilayah Kabupaten Mojokerto.   

Koramil 0815/14 Dlanggu berkesempatan mengoperasionalkan dan mengenalkan Si-Mokos ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah binaannya, yakni di SMPN 2 Dlanggu, Desa Jrambe, Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto, Jumat (23/03/2018).  Kedatangan Si-Mokos mendapat sambutan hangat dari 110 siswa SMPN 2 Dlanggu.

Bati Tuud Koramil 0815/14 Dlanggu, Serma Rusmanto dalam pengantarnya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Sekolah SMPN 2 Dlanggu, Sdr. Budi Mulyono, S.Pd beserta dewan guru atas yang telah menyambut positif kehadiran Si-Mokos. 

Berikutnya, Serma Rusmanto menjelaskan tentang Si-Mokos yang merupakan singkatan dari Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial disingkat SIMOKOS. Si-Mokos ini wujudnya berupa kendaraan bermotor roda tiga berwarna hijau yang didalamnya terdapat sarana belajar berupa buku bacaan yang beragam seperti pengetahuan umum, pengetahuan tentang TNI, pengetahuan tentang pertanian, wawasan kebangsaan, serta dilengkapi Televisi LED untuk memutar slide dan film-film dokumenter,” terangnya.

Masih tutur Serma Rusmanto, kehadiran Tim Si-Mokos di SMPN 2 Dlanggu ini, untuk turut berkontribusi dalam menambah wawasan para siswa melalui beragam buku bacaan ilmu pengetahuan, serta untuk memotivasi para siswa agar lebih gemar membaca.  Dengan membaca buku sejarah dan wawasan kebangsaan diharapkan para siswa dapat mengingat kembali sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, sehingga memiliki kebanggaan menjadi bagian dari Bangsa Indonesia tambahnya.

Selain itu, kehadiran SI-Mokos juga akan mengenalkan materi kedisiplinan dan memotivasi siswa-siswi untuk gemar membaca. “Ini semua dilakukan untuk menunjang pembentukan karakter siswa,” tuturnya.

Usai memberikan penjelasan, Serma Rusmanto mempersilahkan para siswa untuk membaca beragam buku bacan yang ada di perpustakaan mini Si-Mokos.  Dengan sangat antusias para siswa langsung menyerbu Si-Mokos untuk memilih buku yang diminati dan membacanya secara bersama-sama dibaca di sekitar Si-Mokos.  Selanjutnya Tim Si-Mokos Koramil 0815/14 Dlanggu yang terdiri dari Serka Jainudin, Serda M. Sholeh dan Koptu Hiya Ahsan, mengenalkan materi outbond kepada para siswa.  

Kepala Sekolah SMPN 2 Dlanggu, Budi Mulyono, S.Pd, menyampaikan ucapan terima kasih, rasa senang dan bangga atas kedatangan Tim Si-Mokos Koramil 0815/14 Dlanggu Kodim 0815 Mojokerto, di SMPN 2 Dlanggu, ini merupakan suatu kehormatan.   “Dengan adanya Si-Mokos ini diharapkan membawa manfaat positif untuk menambah ilmu pengetahuan kepada para siswa”, ucapnya.

Sementara, Prapti, S.Pd, salah satu guru kelas, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak TNI dari Koramil Dlanggu. Kegiatan Si-Mokos ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan, pengetahuan dan ilmu bagi siswa-siswi kami, ujarnya.

Rubiati, salah satu siswa SMPN 2 Dlanggu, mengatakan, bahwa dirinya sangat berterima kasih dengan kegiatan Si-Mokos di SMPN 2 Dlanggu. Si-Mokos telah membantu dan mengajarkan kami untuk berkomunikasi dan berinteraksi, menambah pengetahuan, menanamkan semangat cinta tanah air, memotivasi kami untuk gemar membaca dan peduli terhadap lingkungan sekolah.  Rubiati berharap, di kemudian hari, kegiatan Si-Mokos dilaksanakan kembali di sekolah kami dengan ditambahi buku-buku yang bernuansa materi pelajaran lainnya, pintanya.

Sejatinya, kegiatan Si-Mokos di wilayah Koramil 0815/14 Dlanggu, sudah berlangsung sepekan ini, sejak Senin (19/03) hingga Kamis (22/03) lalu kegiatan Si-Mokos dilakukan di MI Miftahul Huda diikuti 100 siswa-siswi, SDN Pohkecik Desa Pohkecik diikuti 115 siswa-siswi, SDN Dlanggu diikuti 90 siswa-siswi, dan SDN 1 Ngembeh Desa Ngembeh diikuti 90 siswa-siswi. (Pendim-0815)

COMMENTS

loading...
Name

alutsista,16,Angkatan Darat,237,Angkatan Laut,23,Angkatan Udara,16,Coklat,1,Hama,1,Kartu Tani,1,kegiatan,232,militer,226,Panen Padi,6,Panen Raya,6,Penyemprotan,1,Pertanian,2,polri,18,video,7,viral,138,Wereng,1,
ltr
item
Portal Berita Militer : Hadirkan Simokos Di Sekolah, Koramil 0815/14 Dlanggu Tingkatkan Motivasi Siswa-Siswi Gemar Membaca
Hadirkan Simokos Di Sekolah, Koramil 0815/14 Dlanggu Tingkatkan Motivasi Siswa-Siswi Gemar Membaca
https://1.bp.blogspot.com/-LfNmNfQ7RWo/WrYr1plmUgI/AAAAAAAADQE/iT7eiN0_ArUN0N6alGU5vputYEB4wZ9jQCK4BGAYYCw/s400/SDN%2BPOHKECIK%2B%25282%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-LfNmNfQ7RWo/WrYr1plmUgI/AAAAAAAADQE/iT7eiN0_ArUN0N6alGU5vputYEB4wZ9jQCK4BGAYYCw/s72-c/SDN%2BPOHKECIK%2B%25282%2529.jpeg
Portal Berita Militer
http://www.militer.org/2018/03/hadirkan-simokos-di-sekolah-koramil.html
http://www.militer.org/
http://www.militer.org/
http://www.militer.org/2018/03/hadirkan-simokos-di-sekolah-koramil.html
true
4703262235219683719
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close
Banner iklan disini